POLA UMUM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR (SD) DAN ATAU MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Mulyadi Mulyadi

Abstract


Sekolah Dasar/Madrasah Ibtudaiyah (SD/MI) merupakan salah satu jenjang pendidikan formal yang diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan peserta didik sebaga calon anggota masyarakat yang akan meng-isi dan melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa serta mempersiapkan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi (sekolah menengah). Sebagai pelaksana utama kegiatan BK di sekolah, guru pembimbing harus memahami ekpektasi dan unjuk kerja yang jelas karena keberadaan BK merupakan bagian integral dari keseluruhan aktifitas pendidikan dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Undang-undang No.2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1, “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang”. Upaya Bimbingan yang dimaksud adalah pemberian bantuan oleh guru pem-bimbing/konselor sekolah dalam hal ini guru kelas di SD/MI, melalui Pola Umum BK di Sekolah yaitu BK Pola 17 di sekolah yang pada akhirnya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan peserta didik, mengalami penyem-purnaan menjadi BK Pola17 Plus.

Keywords


bimbingan dan konseling; Sekolah Dasar; Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tarbiyah Al-Awlad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.