PARADIGMA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR: PROBLEM DAN PENYELESAIANNYA

Ahmad Sabri

Abstract


Kurikulum sebagai komponen pendidikan memberi kontribusi yang sangat besar bagi pencapaian tujuan pendidikan nasional yang dirumuskan dalam Undang-Undang Sisdiknas. Namun seiring dengan per-gantian kurikulum yang telah berlangsung beberapa kali dan terakhir ditandai dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 sebagai ganti dari Kurikulum 2006 (KTSP), selalu saja menimbulkan masalah terutama bagi pa-ra guru sebagai ujung tombak pelaksana kurikulum pada tingkat satuan pendidikan, terutama para guru di Sekolah Dasar. Di antara persoalan yang muncul dalam implementasi kurikulum 2013 tersebut adalah tidak me-ratanya fasilitas belajar yang disediakan bagi peserta didik serta minimnya kesiapan guru dalam meng-implementasikan berbagai tuntutan Kurikulum 2013 terutama dalam penerapan pendekatan saintifik. Paradigma implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar telah memunculkan berbagai problem, di antaranya berkaitan dengan peserta didik dan guru. Problem yang berkaitan dengan peserta didik seperti tidak meratanya fasilitas belajar berupa bu-ku yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Problem yang berkaitan dengan guru seperti minimnya kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 sesuai dengan tuntutan-tuntutannya terutama dalam penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan penilaian hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi problem yang per-tama diperlukan kebijakan setiap pimpinan satuan pendidikan untuk memanfaatkan dana sekolah guna mem-biayai fotokopi buku pelajaran untuk peserta didik. Sementara untuk mengatasi problem yang kedua kepala sekolah bekerjasama dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu melakukan sosialisasi kurikulum 2013 secara intensif dan berkesinambungan sekaligus memenuhi akomodasi guru untuk mengikuti kegiatan so-sialisasi Kurikulum 2013 tersebut.

Keywords


Implementasi kurikulum 2013; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tarbiyah Al-Awlad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.