UPAYA MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 30 CANGKEH MELALUI MEDIA PAPAN PAKU

Fefi Rahmadhani, Nana Sepriyanti, Media Roza

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran matematika di SD Negeri 30 Cangkeh. Diantara penyebabnya adalah kurang bervariasinya media yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika. Biasanya dalam penyampaian pembelajaran matematika pendidik hanya menggunakan media gambar, hal ini berdampak kepada rendahnya minat, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi luas dan keliling bangun datar, maka penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media papan paku. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 30 Cangkeh melalui media papan paku pada pembelajaran luas dan keliling bangun datar. Hasil analisis data dari siklus I dan II nilai rata-rata aktivitas peserta didik mengalami peningkatan. Diantaranya yaitu peserta didik yang memperhatikan penjelasan pendidik 88,5% menjadi 98%, bertanya 31% menjadi 47%, menjawab pertanyaan 50% menjadi 76%, dapat menggunakan media dengan baik 50% menjadi 76%, dan peserta didik yang aktif berpartisipasi dalam pem-belajaran 87% menjadi 100%. Hasil belajar peserta didik dari siklus I juga mengalami peningkatan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pada siklus I 24 orang, siklus II 37 orang dan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I 74,87 menjadi 93,89 pada siklus II. Dari angket minat yang dikumpulkan dapat dilihat peningkatan minat peserta didik diantarannya dari peserta didik yang menganggap penggunaan media papan paku itu menyenangkan 49% menjadi 61% dan menganggap mudah 38% menjadi 39%. Peserta didik yang menganggap pelajaran luas dan keliling bangun datar itu tidak sulit 51% menjadi 92%, sedikit sulit 31% menurun menjadi 5% dan sulit 13% menurun menjadi 3%. Peserta didik yang merasa senang belajar matematika 85% dan gembira 15%. Dari hasil data peneliti dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan media papan paku dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran luas dan keliling bangun datar kelas III SD Negeri 30 Cangkeh.

Keywords


matematika, media papan paku, minat, aktivitas, dan hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tarbiyah Al-Awlad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.