MOHAMMAD NATSIR: KONSEP PENDIDIKAN ISLAM

Ilman Nasution

Abstract


Mohammad Natsir dikenal juga sebagai pemikir pendidikan. Pemikiran pendidikannya sangat genial. Untuk mengantisipasi sistem pendidikan yang parsial, dikotomis, dan disharmonis ditawarkannya sistem pendidikan integral, universal, dan harmonis. Integral berarti tidak ada dikotomi antara pendidikan umum dengan pendidikan agama. Semua jenis dan jenjang pendidikan harus mempelajari ilmu agama atau didasari dengan tauhid. Yang mula pertama ditanamkan kepada setiap peserta didik adalah tauhid. Jika terlaksana pendidikan integral maka tidak ada masalah kalau madrasah/pesantren diluar naungan Kementerian Agama. Pendidikan universal berarti bahwa tidak ada perbedaan ilmu yang datang dari Barat atau dari Timur. Allah tidak membedakan Timur dengan Barat. Semua yang baik harsu diterima, dan semua yang batil harus ditolah walaupun dari mana datangnya. Pendidikan harmonis yakni dalam pembelajaran harus kondusif antara pendidik, peserta didik berada dalam suasana nyaman.

Keywords


pendidikan; Islam; integral; universal; harmonis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tarbiyah Al-Awlad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.