Aturan Penulisan

Petunjuk penulisan :

1.

Artikel diketik dalam format esai dengan huruf Times New Roman, 12 pts, spasi 1,5 , dicetak pada kertas A4 sepanjang 15-20 halaman, diserahkan sebanyak 3 eksemplar beserta berkas (file) yang dibuat dengan Microsoft Word dalam CD. Pengirim file dapat dilakukan via E-mail ke alamat pgmi01iainib@gmail.com

2.

Artikel yang ditulis untuk media penelitian pendidikan merupakan hasil penelitian bidang pendidikan islam atau pendidikan tingkat dasar, dengan sistematika sebagai berikut:

  • Judul,
  • Nama penulis (tanpa gelar akademik),
  • Abstrak (maksimum 100 kata)
  • Kata kunci (3-5 istilah penting)
  • Pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang, masalah, tujuan, kerangka teori dan hipotesis bila diperlukan
  • Metodologi penelitian
  • Pembahasan hasil penelitian,
  • Kesimpulan (jika perlu dikemukakan saran),
  • Daftar rujukan (hanya berisi sumber-sumber yang dirujuk)

3.

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel disertai dengan alamat tempat kerja dan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.

4.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan huruf sebesar 12 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda, yakni semua judul bagian dicetak tebal dan sub bagian dicetak tebal dan miring tanpa menggunakan angka/nomor pada judul bagian:

Peringkat 1 (Huruf Besar Semua, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

5.

Teks utama artikel ditulis dalam bahasa Indonesia  atau bahasa Inggris. Tata cara penulisan kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan penulisan karya ilmiah dan memperhatikan aturan penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

6.

Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan diutamakan laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, dan disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.

7.

Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh (Sugiono, 2007:17).

8.

Daftar rujukan disusun dengan cara diurutkan secara alpfabetis dan kronologis dengan tata cara seperti contoh sebagai berikut:

Buku:

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah. Bandung: CV.

 

Buku kumpulan artikel:

Mukhadis, H.A. 2000. Tata Tulis Artikel Ilmiah. Dalam H.A. Saukah dan M.G. Waseso. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM. Press, hlm.51-64

 

Artikel dalam jurnal atau majalah ilmiah:

Dunduan-Li, 2004. The pragmatic of making requests in the L2 Workplace: A case study of Language Socialization. Canadian Modern Language Review Journal, Vol 57(1):64-78

 

Artikel dalam Koran:

Kaloh, C. 12 Januari 2007. Kembangkan daya berfikir anak dengan dongeng menarik. Kompas, hlm. 9.

 

Artikel/berita dalam koran (tanpa nama pengarang)

Kompas. 29 September, 2000. Sistem Pengajaran Sastra Perlu Diubah. hlm.9.

 

Dokumen resmi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

 

Buku terjemahan:

Engineer, A.A. 1994. Hak-hak Perempuan dalam Islam. Terjemahan oleh Farid Wadjdi dan F. Assegaf, 2007. Yogyakarta: Bentang Budaya.

 

Skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian:

Bakri, M. 2007. Implementasi Kebijakan Sistem Pendidikan Nasional di Pendidikan Tinggi Islam (Studi Multisitus Proses Pembelajaran Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di UIN Malang, Unisma dan UMM). Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Brawijaya Malang.

 

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Werdiningsih, D. 2002. Model Program Pembelajaran Bahasa Indonesia Ragam Iptek di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam seminar hasil penelitian DP3M Ditjen Dikti Depdiknas, Cisarua, Bogor, 12-14 September.

 

Internet (karya individual):

Gersten, R., Baker, S., dan Edward, L. 1999. Teaching Expreesive Writing to Students with Learning Disabilies. (Online), ERIC/OSEP Digest E 590 diakses 4 September 2003.

 

Internet (artikel dalam jurnal online):

Yuliati, L. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Calon Guru Fisika. Jurnal ilmu pendidikan, 14 (1): 32-40, (http://www.malang.ac.id, diakses 22 Januari 2008).

1.

Artikel diketik dalam format esai dengan huruf Times New Roman, 12 pts, spasi 1,5 , dicetak pada kertas A4 sepanjang 15-20 halaman, diserahkan sebanyak 3 eksemplar beserta berkas (file) yang dibuat dengan Microsoft Word dalam CD. Pengirim file dapat dilakukan via E-mail ke alamat pgmi01iainib@gmail.com

2.

Artikel yang ditulis untuk media penelitian pendidikan merupakan hasil penelitian bidang pendidikan islam atau pendidikan tingkat dasar, dengan sistematika sebagai berikut:

  • Judul,
  • Nama penulis (tanpa gelar akademik),
  • Abstrak (maksimum 100 kata)
  • Kata kunci (3-5 istilah penting)
  • Pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang, masalah, tujuan, kerangka teori dan hipotesis bila diperlukan
  • Metodologi penelitian
  • Pembahasan hasil penelitian,
  • Kesimpulan (jika perlu dikemukakan saran),
  • Daftar rujukan (hanya berisi sumber-sumber yang dirujuk)

3.

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel disertai dengan alamat tempat kerja dan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.

4.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan huruf sebesar 12 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda, yakni semua judul bagian dicetak tebal dan sub bagian dicetak tebal dan miring tanpa menggunakan angka/nomor pada judul bagian:

Peringkat 1 (Huruf Besar Semua, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

5.

Teks utama artikel ditulis dalam bahasa Indonesia  atau bahasa Inggris. Tata cara penulisan kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan penulisan karya ilmiah dan memperhatikan aturan penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

6.

Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan diutamakan laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, dan disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.

7.

Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh (Sugiono, 2007:17).

8.

Daftar rujukan disusun dengan cara diurutkan secara alpfabetis dan kronologis dengan tata cara seperti contoh sebagai berikut:

Buku:

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah. Bandung: CV.

 

Buku kumpulan artikel:

Mukhadis, H.A. 2000. Tata Tulis Artikel Ilmiah. Dalam H.A. Saukah dan M.G. Waseso. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM. Press, hlm.51-64

 

Artikel dalam jurnal atau majalah ilmiah:

Dunduan-Li, 2004. The pragmatic of making requests in the L2 Workplace: A case study of Language Socialization. Canadian Modern Language Review Journal, Vol 57(1):64-78

 

Artikel dalam Koran:

Kaloh, C. 12 Januari 2007. Kembangkan daya berfikir anak dengan dongeng menarik. Kompas, hlm. 9.

 

Artikel/berita dalam koran (tanpa nama pengarang)

Kompas. 29 September, 2000. Sistem Pengajaran Sastra Perlu Diubah. hlm.9.

 

Dokumen resmi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

 

Buku terjemahan:

Engineer, A.A. 1994. Hak-hak Perempuan dalam Islam. Terjemahan oleh Farid Wadjdi dan F. Assegaf, 2007. Yogyakarta: Bentang Budaya.

 

Skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian:

Bakri, M. 2007. Implementasi Kebijakan Sistem Pendidikan Nasional di Pendidikan Tinggi Islam (Studi Multisitus Proses Pembelajaran Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di UIN Malang, Unisma dan UMM). Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Brawijaya Malang.

 

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Werdiningsih, D. 2002. Model Program Pembelajaran Bahasa Indonesia Ragam Iptek di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam seminar hasil penelitian DP3M Ditjen Dikti Depdiknas, Cisarua, Bogor, 12-14 September.

 

Internet (karya individual):

Gersten, R., Baker, S., dan Edward, L. 1999. Teaching Expreesive Writing to Students with Learning Disabilies. (Online), ERIC/OSEP Digest E 590 diakses 4 September 2003.

 

Internet (artikel dalam jurnal online):

Yuliati, L. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Calon Guru Fisika. Jurnal ilmu pendidikan, 14 (1): 32-40, (http://www.malang.ac.id, diakses 22 Januari 2008).